Header Ads

Header ADS

Bis ini Pisahkan Penumpang Pria dan Wanita

Bus Transkutraja atau sering disebut Busway mulai beroperasi di Banda Aceh. Pemotongan pita dilaksanakan oleh Gubernur Aceh Dr. Zaini Abdullah dengan bus yang berderet dari jalan Tgk. Daud Beureueh hingga di depan Hotel Reggina. Kapasitas bus tersebut adalah 75 penumpang. Turut hadir pula Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal,S.E. Zaini dan Illiza kemudian menaiki bus Trans Kutaraja dan turun di halte Kantor Gubernur.

Dalam sambutannya, Doto Zaini mengatakan bahwa kehadiran transportasi massal adalah upaya Pemerintah untuk mengatasi masalah kemacetan lalu lintas di kota Madani. “Bus telah tiba 25 unit dari 80 unit yang kita minta, mudah-mudahan di lain hari akan menjadi kenyataan sekali lagi oleh pemerintah pusat,” kata Zaini seperti dilansir CI dari Serambinews pada Senin (2/5/2016).

Untuk para siswa, Zaini Abdullah mendesak agar mereka beralih ke Trans Kutaraja untuk berangkat ke sekolah dan perguruan tinggi. “Jangan lagi menggunakan sepeda motor ke sekolah dan kampus, mari kita beralih ke Trans Kutaraja karena sangat mudah dan aman. Selain itu, siswa yang tidak memiliki SIM, agar tidak menggunakan sepeda motor ke sekolah,” desak Zaini.
Zaini mengatakan, bus dengan panjang 12 meter tersebut dirancang khusus untuk melayani warga di Banda Aceh yang menerapkan hukum syariah dengan memisahkan bangku pria dan perempuan.

Bus ini juga menyediakan bangku khusus untuk orang cacat. Bus berbadan lebar ini memiliki kapasitas 75 penumpang, dengan tempat duduk dua sisi dan pelanggan juga bisa berdiri dengan fasilitas pegangan tangan yang tersedia.

Untuk koridor 1-Darussalam Keudah telah dilengkapi dengan 16 halte yang telah dibangun di sepanjang jalan. Halte bus ini hanya disediakan untuk penumpang dan tidak akan berhenti di tempat lain.

Zaini mengatakan, akan ada koridor 6 yang akan dilayani bus ini. “Saat ini kami sedang mempersiapkan pembangunan Koridor 2 layanan Ulee Lheue-SIM. Kami merencanakan 26 halte di koridor ini”.[antiliberalnews.com]

Diberdayakan oleh Blogger.