Header Ads

Header ADS

Untuk Pertama Kalinya Dewan Syariah Provinsi Aleppo Memfatwakan Libur Shalat Jumat

Suriah - Aleppo merupakan pusat kebudayaan pada masa kekhalifahan islam dan peradaban sebelumnya. Kota ini merupakan kota strategis di Suriah dan hampir semua pihak berusaha untuk menguasainya; Rezim Asad, Suku Kurdi, Daulah Islam, dan Tentara Opposisi yang didukung oleh Turki. Walaupun sudah ada usaha perdamaian yang dilakukan, tetapi Rezim Asad yang didukung penuh oleh Rusia terus menerus melancarkan serangan massif ke perkampungan penduduk sipil, rumah sakit, Masjid, dan fasilitas umum lainnya dan barat diam seribu bahasa mendukung secara diam-diam pembantaian tersebut.

Saking daruratnya kondisi yang dialami oleh penduduk Aleppo, Dewan Syariat Provinsi Aleppo mengeluarkan fatwa berikut:

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang
Mempertimbangkan operasi berdarah-darah yang sangat mengerikan yang dipertontonkan oleh musuh-musuh kemanusiaan dan agama atas provinsi Aleppo, yang diperankan melalui pengeboman rezim Suriah dan Rusia terhadap fasilitas sipil: Pasar, Rumah sakit, Masjid, Sekolah….dengan menggunakan berbagai persenjataan dan dalam waktu yang terus menerus, dan ini mendapatkan bantuan dan hasutan totalitas dari pihak barat; Serta mempertimbangkan bahaya yang mengancam bagi para jamaah shalat yang berkumpul dalam tempat dan waktu yang sama secara bersamaan, Maka Dewan Syariat -untuk pertama kalinya- merekomendasikan kepada para pengurus masjid untuk meliburkan shalat jumat besok hari, dan melaksanakan shalat dzuhur sebagai penggantinya.
Sesungguhnya hati orang yang beriman merasakan penyesalan dan kesedihan atas hal tersebut, tetapi menjaga jiwa merupakan sebuah kedaruratan dari kedaruratan agama, dan kami menyaksikan para musuh Allah sedikitpun tidak menaruh rasa kasihan dan perlindungan pada orang beriman, sedikitpun tidak menghormati masjid-masjid Allah, bahkan berupaya untuk menghancurkannya, semoga Allah membinasakan mereka semua. Cukuplah Allah bagi kami, Dialah sebaik-baik pemberi perlindungan.

[lasdipo.com] 


Diberdayakan oleh Blogger.