Header Ads

Header ADS

Hukum Memajang Foto Cewek di Media Sosial

Seorang ustadz pernah ditanya :”Bagaimana hukumnya seorang wanita yang memajang foto dirinya di media sosial semacam facebok,whatsapp,bbm ataupun line?

Kemudian dijawab oleh ustadz tersebut : “Berarti wanita itu berjiwa "pelacur". Wangi parfumnya seorang wanita saja, jika sengaja dipakai agar laki-laki dapat mencium baunya oleh Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallam dikatakan sebagai pelacur. Apalagi ini, dengan sengaja menunjukkan kecantikannya untuk dinikmati oleh laki-laki yang bukan mahramnya, dan wanita itupun bertanggung jawab atas setiap dosa yang ia timbulkan bagi laki-laki yang menikmati kecantikannya.

Media sosial adalah situs umum yang bercampur di dalamnya laki-laki dan perempuan. Ketika perempuan memajang fotonya, meskipun hanya wajahnya saja yang nampak ( karena anggota badan lain ditutupi) maka ini tetap bertentangan dengan perintah Allah ta’ala untuk menjaga diri dari lawan jenis.

Ada sebuah sanggahan seperti ini: “Salah laki-lakinya, kenapa dia tidak menjaga pandangan?” Maka dikatakan, bahwa secara normal laki-laki tertarik dengan wanita dan dia akan mencari cara untuk menuntaskan hasratnya tersebut. Dan ketika dia digoda dengan gambar wajah perempuan yang ditampilkan secara jelas maka otomatis dia akan terfitnah. Laki-laki yang pada mulanya tergoda dengan tulisan-tulisan perempuan di akun media sosial, akhirnya lebih tergoda dengan foto-foto yang sengaja diupload oleh si perempuan tersebut.

Secara mudahnya kita pakai logika, ada kucing yang sedang berjalan santai. Tiba-tiba anda menggodanya dengan ikan, dan ketika ikan tersebut dimakan kucing anda menyalahkan kucing tersebut.

Jadi, bisa dikatakan laki-laki yang melihat-lihat dan memperhatikan detail foto cewek. Dia telah salah, tapi perlu diketahui juga bahwa cewek yang memajang foto-fotonya di media sosial juga ikut andil atas munculnya kesalahan ini. Bahkan menjadi sumbernya.

Diantara dampak negatif wanita memajang foto wajah di media sosial:
  • Bisa membuat pria yg sengaja maupun tak sengaja melihatnya menjadi tergoda, mengotori hatinya, membuat terbayang siang malam, bahkan bisa menimbulkan niat-niat buruk atau bahkan sampai melakukan kejahatan
  • Meski seorang wanita menutup seluruh badan kecuali wajah dan telapak tangannya, kemudian ia memamerkan dirinya di sosial media maka ini pun tidak bisa menjamin selamatnya orang yang melihat dari fitnah, sebab wajah wanita memiliki daya tarik yang sangat kuat terhadap laki-laki. Sehingga, meski seluruh badannya tertutup dengan baik akan tetapi jika wajahnya dibuka dan dipampang di depan pengunjung akun, maka itu bisa menimbulkan fitnah di hati orang yang memandangnya,
  • Menggoda pria, membuat pria tidak menundukkan pandangan. Padahal dalam Al Quran diperintahkan menundukkan pandangan. Jika di dunia nyata, pria tidak akan berani lama-lama menatap wanita, apalagi yang belum dikenalnya. Pria akan malu kalau kelihatan sedang melihat wanita tersebut terus-menerus. Namun foto di internet, para lelaki bisa melihatnya lama-lama tanpa merasa malu, sebab tidak ada orang yang tahu. Dan hal tersebut bisa mendatangkan berbagai dampak negatif baik bagi pria maupun wanita.
  • Betapa banyak wanita yg menjadi korban pria jahat berawal dari Facebook, diajak ketemuan, ditipu, diculik, diperkosa, dibunuh semua diawali oleh pria tertarik melihat foto sang wanita di FB, sebagaimana sering diberitakan media massa
  • Foto cewek tersebut bisa dicopy dan diedit oleh orang jahat, dijadikan foto porno, atau digunakan untuk hal lain yg merugikan, (misalnya orang membuat suatu akun dengan memakai foto si cewek)  
    Ketika seorang cewek mengupload foto di media sosial maka secara tak langsung dia telah “menandatangani kontrak” bahwa dia membebaskan siapapun untuk memandangnya tanpa terkecuali. Kalau begitu dimana penjagaan terhadap kehormatan itu?

Wahai para kaum hawa yang gemar upload foto di media sosial, tahukah anda bahwa:
  1. Semakin banyak pandangan lelaki yang tergiur denganmu (jika sengaja pamer kecantikan/keindahan tubuh dan tampil menggoda) semakin bertumpuk pula dosa-dosamu
  2. Semakin sang lelaki menghayalkanmu,semakin berhasrat denganmu maka semakin bertumpuk pula dosa-dosamu
  3. Janganlah anda menyangka senyumanmu yang kau tebarkan secara sembarangan tidak akan ada pertanggungjawabannya kelak..!!!. Bisa jadi senyumanmu sekejap menjadi bahan lamunan seorang lelaki yang tidak halal bagimu selama berhari-hari.., apalagi keelokan tubuhmu....
  4. Bayangkanlah... betapa bertumpuk dosa-dosa para wanita yang aurotnya diumbar di hadapan ribuan...bahkan jutaan mata lelaki dalam berbagai ajang pentas??
  5. Jika anda menjaga kecantikanmu dan kemolekan tubuhmu hanya untuk suamimu...maka anda kelak akan semakin cantik dan semakin molek di surga Allah...,
  6. Akan tetapi jika anda umbar kecantikanmu dan kemolekanmu maka ingatlah itu semua akan sirna dan akan lebur di dalam liang lahad menjadi santapan cacing dan ulat...dan di akhirat kelak...bisa jadi berubah menjadi bahan bakar neraka jahannam!


Diberdayakan oleh Blogger.