Terbaru

Pentingya Pemahaman Siyasah Syar’iyah

Sukoharjo – Ahad pagi (18/9/2016) ratusan umat Islam se-Solo Raya menghadiri Tabligh Akbar yang diselenggarakan oleh Komunitas Moslem Solo di Masjid Baitul Makmur, Solo Baru dengan tema Siyasah Syar’iyah. Dalam pemaparannya, panitia tabligh akbar mendatangkan dua pembicara, yaitu Ustadz Tengku Azhar,Lc dan Ustadz Abu Rusydan.

Sebagai pembicara pertama, Ustadz Tengku Azhar menyoroti berbagai fenomena yang berkembang di Indonesia akhir-akhir ini telah dirasa semakin terlihat adanya usaha yang sistematis untuk mendiskreditkan umat Islam. Hal ini dapat dilhat dari berbagai tayangan televisi dengan bebasnya menampilkan perbuatan-perbuatan haram yang dibungkus sedemikan rupa sehingga tampak menarik dan disukai banyak orang. Disisi lain banyak pula kebijakan-kebijakan pemerintah yang demikian membatasi aktivitas keumatan hingga penerapan-penerapan aturan yang mendangkalkan aqidah Islamiyah. Tak jarang pula hal tersebut terdapat campur tangan dari pihak asing.

Oleh karena itu, umat Islam harus segera sadar dan berusaha memperbaiki keadaan dengan cara yang telah diajarkan oleh Rasulullah. Dari berbagai sunnah yang diajarkan, maka penerapan Siyasah Syar’iyah menjadi pilihan mutlak yang harus dilakukan.

Selanjutnya sebagai pembicara kedua, Ustadz Abu Rusydan menyampaikan ulasan mengenai pengertian Siyasah Syar’iyah hingga bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Ustad Abu Rusydan, pemahaman Siyasah Syar’iyah di kalangan umat Islam dinilai masih terlalu lemah bahkan salah kaprah. Menurutnya arti dasar dari Siyasah Syar’iyah adalah Siyasah adalah mengelola sesuatu hal dengan melakukan hal-hal yang menjadikan sesuatu hal tersebut baik dan sesuatu yang baik tidak mungkin diperoleh dari sumber yang rusak, maka sumber kebaikan tersebut adalah Islam.  
Adapun demi menjalankan hal tersebut di atas, maka ada tiga tahapan yang harus ditempuh yaitu pemetaan masalah umat melalui penilaian bentuk pemerintahannya, kedua fatwa dari ulama dan barulah penerapan amal sholeh. Sebagai penutup, Ustadz Abu Rusydan berpesan kepada hadirin agar selalu memiliki keyakinan yang mutlak tentang Islam. Karena hal inilah yang nantinya akan mendatangkan pertolongan dari Allah SWT.[koranpanji.com]

Sekilas

Hubungi Kami

Video

Video