Terbaru

Syiah Houthi Tembakkan Roket ke Kota Suci Mekah


Kelompok militan Syiah Houthi telah menembakkan roket dengan target kota suci umat Islam Mekah. Pasukan Koalisi Arab Saudi mengatakan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip situs Arabnews, Jumat, 28 Oktober 2016 bahwa roket itu jatuh sekitar 65 kilometer dari Mekah.
Sebagai balasan, jet tempur pasukan koalisi langsung menyerang dan menghancurkan lokasi peluncuran roket milik kaum Syiah Houthi. Sementara itu, Perdana Menteri Yaman, Ahmed Obeid bin Daghr, mengatakan Iran telah melatih ribuan pejuang Syiah Houthi di Iran dan Beirut, Lebanon, yang justru membuka jalan bagi agresi milisi pemberontak.
"Perang di Yaman tidak dimulai pada tanggal 26 Maret 2015. Tapi dimulai ketika Syiah Houthi mengangkat senjata melawan pesaing politik mereka terhadap negara dengan dukungan nyata dari Iran. Mereka jelas-jelas melatih 6.000 milisi Houthi," kata Bin Daghr, setelah pertemuan dengan Duta Besar Prancis untuk Yaman, Kristen Tisti.
Ia juga mengklaim bahwa Yaman tidak pernah mencari perang, namun ketika pemberontak Syiah Houthi difasilitasi mesin perang dari Sida ke Imran dan Sana'a lalu membunuh rakyat dan melakukan aksi pemboman, maka pemerintah pun akhirnya ikut berperang. "Dunia akhirnya menyadari bahwa agama Syiah terkhusus kelompok Houthi adalah masalah tidak hanya bagi Yaman tetapi juga seluruh umat Islam," papar Bin Daghr.
Menurut Al-Jazeera, ini merupakan rudal Syiah Hutsi kedua yang menargetkan Mekkah dalam sebulan terakhir. Pada sembilan Oktober, pasukan koalisi berhasil menghadang rudal yang sama saat baru melintas di langit provinsi Thaif.   

Pemberontak Syiah Hutsi meningkatkan serangan terhadap saudi sejak dimulainya gencatan senjata sepekan lalu. Pelanggaran gencatan ini tercatat sebanyak 80 kali. Rudal yang ditembakan pada Kamis malam itu terhitung rudal ke 35 yang ditembakkan Husti ke wilayah Saudi sejak dimulai operasi koalisi Arab pada 26 Maret 2015.[viva.co.id]


Sekilas

Hubungi Kami

Video

Video