Header Ads

Header ADS

OBAT ANTI FRUSTASI

Gagal lagi .. gagal lagi! Aduh kok gagal terus sich? Rasanya bete banget ketika apa yang udah diharapkan tak kesampaian. Pengennya sih nilai di raport dapat 8, tapi setelah dibuka cuman nongol angka 6. Pengennya sih dapat kerja yang enak di ruangan AC, tapi ini kok dapat kerjaan jadi petugas lapangan. Maunya selalu untung tapi dapatnya selalu buntung. Sebel nggak tuh?

Siapapun kita pasti pernah menagalami hal-hal yang nggak menyenangkan alias nyebelin. Entah itu berasal dari diri sendiri atau berasal dari orang lain. Yang namanya sebel bisa datang kapan saja dan dimana saja. Alhasil, rasa frustasi pun selalu rutin bertamu menemani aktifitas harian. Parahnya, kalo rasa frustasi ini dibiarkan terus menerus maka bisa saja si korban menjadi sakit. Nggak hanya sakit fisik, tapi bisa pula sakit phsyikis. Kalo mau tengok, banyak lho pasien di RSJ yang awalnya itu cuman punya masalah sedikit lalu frustasi. Dan karena dibiarkan lama-lama jadi parah, alias gila.
Sobat, frustasi adalah suatu keadaaan dimana kita merasa sulit karena apa yang kita impikan atau diharapkan tidak tercapai. Frustasi ini tidak hanya menyerang mereka yang telah berumur saja, namun anak remaja juga rentan kena penyakit ini. Nggak mengenakkan sehingga nggak jarang mereka yang frustasi nekat untuk bunuh diri.

OBAT ANTI FRUSTASI
Saat suatu penyakit melanda, maka kita musti buru-buru cari obatnya. Begitu juga dengan penyakit frustasi ini. Karena, kalo dibiarkan sampai berlarut-larut bakalan makin parah pastinya. Untuk itu, pilihlah obat yang mujarab dan terjamin. Obat anti frustasi pertama yang layak dijadikan rujukan adalah dengan memperbanyak dzikir kepada Allah. Dengan banyak berdzikir, hati akan menjadi lebih tenang sehingga pikiran pun akan jadi jernih. Seperti firman Allah : “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram” (QS Ar Ra’d : 28).
Dzikir mendekatkan seorang hamba kepada robb-nya. Kedekatan inilah yang kemudian akan melahirkan rasa ketergangtungan seorang manusia kepada Allah. Bila sudah dekat, Allah akan menurunkan pertolongan kepadanya sehingga ia menjadi lebih tenang dan tenteram. Itulah mengapa banyak orang beriman tetap tenang meskipun berjubel masalah menghampiri. Dalam hatinya ada ketentraman yang datang dari Allah dan tak bisa tergantikan dengan apapun. Jelas bedanya dengan mereka yang jauh dari Allah. Setan akan terus membisikkan kepada mereka keburukan, sehingga pelarian buruk pun dilakukan untuk mengobati frustasi. Muncullah kemudian berbagai kemaksiatan semacam rokok dan berbagagi perbuatan zina.
Solusi kedua yang patut dijadikan rujukan adalah dengan sholat. Sholat bisa jadi alternatif untuk setiap masalah, karena pada saat sholat seorang hamba bisa ‘berkomunikasi’ secara langsung dengan robb-nya. Ia adalah senjata seorang mukmin. Seperti dalam Al Qur’an disebutkan : “Hai orang-rang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar” (QS Al Baqarah : 153). Perbuatan semacam ini juga dicontohkan oleh Rasulullah. Ada beberapa riwayat yang menjelaskan tentang hal ini, antara lain hadits riwayat Imam Ahmad, Hudzaifah bin Al-Yaman berkata : “Biasanya Rasulullah bila mendapat suatu masalah beliau langsung sholat”.
Obat mujarab lainnya adalah berupa doa. Bagi seorang Muslim, doa memiliki kekuatan ajaib yang seringkali sulit untuk dipercaya secara nalar sehat. Karena doa menjadi senjata utama seorang Muslim untuk memohon pertolongan kepada Allah. Itulah mengapa Rasulullah dan para sahabat sangat gemar berdoa. Mereka sangat yakin akan janji Allah untuk mengabulkan doa setiap hamba-Nya. Disebutkan dalam Al Qur’an : “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan ku kabulkan..” (QS Al Mu’min : 60). Dengan memperbanyak doa, Allah akan semakin cinta kepada hamba-Nya dan menurunkan pertolongan kepada hamba tersebut. Alhasil, frustasi pun bisa diatasi.
Terakhir, perbanyaklah untuk bertobat kepada Allah. Bisa jadi kegagalan dan rasa frustasi yang melanda diakibatkan karena banyaknya maksiat yang udah kita lakukan. Entah itu secara sadar atau nggak sadar. Memohon ampun kepada Allah, karena sejatinya manusia nggak bisa luput dari yang namanya salah dan dosa. [dhani]  


Diberdayakan oleh Blogger.